Sabtu, Maret 2, 2024
BerandaNasionalInilah 5 Surat Suara untuk Pemilu 2024 dan Peruntukkannya

Inilah 5 Surat Suara untuk Pemilu 2024 dan Peruntukkannya

Sekbernews.id – JAKARTA Indonesia bersiap untuk melangsungkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang menandai pemilihan serentak legislatif dan eksekutif. Pemilih akan dihadapkan pada lima kertas surat suara yang masing-masing memiliki warna berbeda, sesuai dengan pemilihan yang akan dilakukan.

Pemilu Serentak 2024 ini mencakup pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Menurut sumber dari situs resmi Indonesia Baik, kebijakan tentang penggunaan lima kertas surat suara ini diatur dalam Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang perlengkapan pemungutan suara. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemilih dalam membedakan jenis pemilihan yang dilakukan serta menghindari kesalahan dalam memberikan suara.

Berikut adalah penjelasan mengenai lima kertas surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2024:

  1. Surat Suara Abu-Abu untuk Pilpres: Digunakan untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden. Surat suara ini memuat foto, nama, dan nomor urut pasangan calon, serta simbol partai politik pengusung.
  2. Surat Suara Kuning untuk DPR RI: Kertas suara ini digunakan untuk memilih anggota DPR RI, dengan mencantumkan nama-nama calon, simbol partai politik, dan nomor urut.
  3. Surat Suara Merah untuk DPD: Kertas ini khusus untuk pemilihan anggota DPD, dengan menampilkan daftar calon anggota DPD sesuai provinsi, nomor urut, foto, dan nama.
  4. Surat Suara Biru untuk DPRD Provinsi: Surat suara ini memungkinkan pemilih untuk memilih anggota DPRD tingkat provinsi, dengan detail tanda gambar partai politik, nomor urut partai, dan nama calon anggota.
  5. Surat Suara Hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota: Digunakan untuk memilih anggota DPRD di tingkat kabupaten/kota, dengan kotak pilihan yang berisi informasi calon termasuk tanda gambar partai politik, nomor urut partai, dan nama calon.

Dalam menjaga integritas dan keamanan pemungutan suara, KPU mengambil langkah pengamanan ketat untuk menghindari pemalsuan dan memastikan proses pemilu berjalan dengan lancar dan transparan.

Masyarakat diimbau untuk memahami fungsi dan penggunaan setiap surat suara untuk menghindari kesalahan saat mencoblos. Keberhasilan Pemilu 2024 sangat bergantung pada partisipasi aktif dan pemahaman yang baik dari seluruh elemen masyarakat.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait
spot_img

Terkini