Kamis, Mei 30, 2024
28.1 C
Indramayu
BerandaDaerahDibawah Bupati Nina, Penyelenggaraan Pemda 2023 Meningkat

Dibawah Bupati Nina, Penyelenggaraan Pemda 2023 Meningkat

Sekbernews.id – INDRAMAYU Pemerintah Kabupaten Indramayu di bawah pimpinan Bupati Nina Agustina meraih prestasi gemilang dalam Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) tahun 2023.

Keberhasilan ini tercermin dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.7-6646 Tahun 2023 yang menempatkan Kabupaten Indramayu di peringkat 5 nasional dan peringkat pertama di Provinsi Jawa Barat.

Kenaikan signifikan ini menjadi bukti kinerja luar biasa di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina. Dibandingkan dengan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2022 yang menempatkan Kabupaten Indramayu pada peringkat 50 nasional dan peringkat 6 di Provinsi Jawa Barat dengan skor 2,83, capaian ini menunjukkan lonjakan yang luar biasa.

Pemerintah Kabupaten Indramayu terus berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat dengan prinsip akuntabilitas, efisiensi, dan kepentingan nasional sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Sebagai apresiasi atas prestasi tersebut, Kementerian Dalam Negeri akan memberikan Piagam Penghargaan Atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Bupati Indramayu Nina Agustina dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII di Surabaya.

Bupati Nina Agustina menjelaskan bahwa LPPD mencakup Capaian Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, termasuk capaian kinerja indikator makro, penyelenggaraan urusan pemerintahan, pelayanan standar minimal, dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Selain itu, LPPD juga mencatat Pelaksanaan Tugas Pembantuan dari pemerintah pusat, provinsi, hingga desa.

Upaya meningkatkan layanan publik maksimal dilakukan melalui 10 Program Unggulan dan program-program lain yang terus disesuaikan dengan perkembangan digital.

Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi langkah besar dalam reformasi birokrasi untuk mempercepat, memudahkan, dan membuat pelayanan lebih transparan.

Pemkab Indramayu juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Ombudsman, untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

Bupati Nina Agustina mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran perangkat daerah dan pihak terkait atas kontribusi mereka dalam penyelenggaraan daerah yang prima.

Meskipun meraih prestasi, Bupati Nina menegaskan bahwa Pemkab Indramayu tidak akan berpuas diri. Evaluasi ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini