Kamis, Mei 30, 2024
28.1 C
Indramayu
BerandaDaerah2.400 Sambungan Rumah Baru di Indramayu Siap Terealisasi dari SPAM Salamdarma

2.400 Sambungan Rumah Baru di Indramayu Siap Terealisasi dari SPAM Salamdarma

Sekbernews.id – INDRAMAYU Bupati Indramayu, Nina Agustina, terus menunjukkan komitmen dan kepeduliannya terhadap masyarakat melalui berbagai program. Terbaru, ribuan rumah di Indramayu akan segera menikmati program penyediaan air bersih dari Perumdam Tirta Darma Ayu.

Program air bersih ini akan berlangsung selama tiga tahun, dimulai dari tahun 2024 hingga 2026, yang bersumber dari Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Salamdarma.

Kepastian mengenai penyediaan air bersih ini tertuang dalam Nota Kesepakatan yang ditandatangani antara Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Penandatanganan dilakukan pada Selasa (14/5/2024) di Trembesi Hotel BSD Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut, Edi Bermald Manik, yang mewakili Direktur Air Minum Kementerian PUPR, menyatakan bahwa nota kesepakatan ini bertujuan untuk menyinergikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan SPAM yang terintegrasi, efisien, dan efektif di Kabupaten Indramayu.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mempercepat pengembangan dan pengelolaan SPAM guna memenuhi kebutuhan air minum di Indramayu, serta memastikan pelayanan air minum yang memenuhi standar kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, yang mewakili Bupati Nina Agustina, menyampaikan bahwa nota kesepakatan ini mencakup pembangunan jaringan perpipaan utama SPAM Salamdarma di Kabupaten Indramayu.

Aep menjelaskan bahwa cakupan layanan SPAM Salamdarma akan diperluas secara bertahap selama tiga tahun: sebanyak 500 Sambungan Rumah (SR) pada tahun 2024, 1.000 SR pada tahun 2025, dan 900 SR pada tahun 2026.

“Selama tiga tahun ke depan, melalui program ini, akan ada tambahan cakupan layanan air bersih sebanyak 2.400 SR melalui SPAM Salamdarma,” ujar Aep.

Untuk mendukung program ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran yang bersumber dari APBN sebesar Rp 6,75 miliar, serta biaya pendamping dari Perumdam Tirta Darma Ayu sebesar Rp 1,80 miliar pada tahun 2024 dan Rp 3,20 miliar pada tahun 2025.

Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan, juga mengungkapkan bahwa nota kesepakatan ini merupakan langkah optimalisasi agar 2.400 SR dapat menikmati air bersih yang berkualitas. SPAM Salamdarma ini dirancang untuk menjangkau masyarakat di bagian barat Indramayu.

“Ini adalah komitmen Bupati Indramayu, Nina Agustina, sebagai Kuasa Pemilik Modal Perumdam Tirta Darma Ayu untuk mengoptimalkan jangkauan layanan air minum bagi warga Kabupaten Indramayu dengan menggandeng berbagai pihak,” kata Ady Setiawan.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini