Sabtu, Maret 2, 2024
BerandaBisnisPertamina RU VI Balongan Gelar Bulan K3

Pertamina RU VI Balongan Gelar Bulan K3

Sekbernews.id – INDRAMAYU PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan mengadakan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berlangsung setiap tahun dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari.

Meskipun biasanya dimulai sejak awal Januari, peringatan tahun ini di Balongan baru dilakukan di awal Februari, disesuaikan dengan jadwal perawatan kilang yang hampir selesai.

Peringatan ini ditandai dengan penyerahan bendera patakan K3 oleh Sugeng Firmanto, General Manager PT KPI RU VI Balongan, kepada Indra Cahyadi Kurniawan, Ketua Panitia Bulan K3 RU VI, pada Senin (12/2/2024).

Acara ini juga diisi dengan penekanan sirine yang dilakukan bersama oleh manajemen dan perwakilan Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB) di Rooftop Adm Building RU VI.

Dalam sambutannya, Sugeng Firmanto menekankan pentingnya keselamatan para pekerja yang dianggap sebagai aset berharga perusahaan.

“Kita harus selalu memastikan keamanan dalam setiap aktivitas guna mencegah kecelakaan kerja,” ujar Firmanto.

Ia juga menambahkan bahwa Kilang Balongan, yang memiliki peran vital dalam memenuhi kebutuhan BBM Nasional, harus didukung dengan operasional yang handal dan sistem HSSE (Health, Safety, Security, and Environment) yang unggul.

Lebih lanjut, Firmanto mengajak semua pekerja, termasuk mitra kerja dan kontraktor, untuk bertanggung jawab dalam mematuhi aspek keselamatan kerja.

“Mari kita jadikan Bulan K3 ini sebagai momentum untuk mencapai target perusahaan yang selaras dengan moto PT KPI, yakni Safety, Profit,” tegasnya.

Kegiatan peringatan Bulan K3 tahun ini meliputi berbagai acara yang berlangsung dari 7 Februari hingga 8 Maret 2024, termasuk Safety Campaign, Camp Relawan, seminar kesehatan, lomba poster dan video K3, jalan santai, dan lain-lain, sebagaimana disampaikan oleh Indra Cahyadi Kurniawan.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan membangun kesadaran akan pentingnya HSSE di kalangan pekerja,” harapnya.

Nana Kanan, yang hadir mewakili Ketua Umum SPPBB, juga menyatakan dukungan serikat pekerja terhadap operasional kilang dan pencapaian HSSE yang unggul. Ia mengapresiasi kerja sama dan upaya bersama pekerja dalam mencapai target zero fatality sesuai harapan perusahaan.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait
spot_img

Terkini