Senin, Juni 17, 2024
26.1 C
Indramayu
BerandaNasionalKorps Marinir : Penyematan Baret Ungu Lahirkan Ratusan Prajurit Bintara Remaja

Korps Marinir : Penyematan Baret Ungu Lahirkan Ratusan Prajurit Bintara Remaja

sekbernews.id – MALANG  Dispen Kormar (Pantai Baruna Malang Selatan). Marinir… Auuah… Auuah…Auuah..Yes. Raungan dan sorot mata yang tajam ratusan prajurit Bintara Remaja Korps Marinir TNI AL bersama gemuruh ombak memecah keheningan saat senja mulai datang setelah sandang baret ungu kebanggaan prajurit petarung Marinir.

Pembaretan prajurit Bintara Remaja Angkatan XLI / I Korps Marinir oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di Pantai Baruna, Dusun Sumber Pucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis 21 April 2022 kemarin.

Upacara tradisi pembaretan ini, bukanlah sekedar rangkaian seremonial semata, merupakan wujud nyata implementasi pembinaan tradisi kultural dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dalam bentuk pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan dan kehormatan diri serta kecintaan kepada korps dengan demikian, pembinaan personel merupakan salah satu pembuktian bahwa angkatan laut sangat serius dalam membangun kekuatan Matra Laut menjadi lebih professional, modern dan tangguh selaras dengan tujuan dan penekanan Kasal Laksamana TNI Angkatan Laut Yudo Margono, ungkap Dankormar.

BACA JUGA : Prabowo Subianto Serahkan 53 Unit Rumah kepada Keluarga Awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 Yang Gugur

Selama12 bulan ditempa di Kawah Candradimuka, Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) dan pendidikan kejuruan Korps Marinir para prajurit Bintara Remaja ini di bekali dengan materi latihan menembak kualifikasi, tahap Pendidikan Komando (Dikko) di hutan Selogiri, selain itu juga mengikuti latek KSIT, latek opsfib dan kursus pemantapan di Puslatpurmar 3 Grati Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) selama satu bulan yang semakin melengkapi bekal ilmu kemiliteran dan profesionalisme sebagai pasukan pendarat Korps Marinir, tambah Dankormar.

Penyematan baret ungu ini sebagai pertanda bahwa telah lahir prajurit-prajurit petarung Korps Marinir yang siap untuk terjun di berbagai medan tugas, secara resmi menjadi bagian keluarga besar Korps Marinir dan sekaligus menjadi momentum penting sebagai langkah awal dalam menapaki perjalanan karier sebagai prajurit petarung Korps Marinir dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, tutup Dankormar.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini