Kamis, April 25, 2024
30.6 C
Indramayu
BerandaBudparKetahui Bedanya Hampers dan Parcel untuk Kado Lebaran 2024

Ketahui Bedanya Hampers dan Parcel untuk Kado Lebaran 2024

spot_img

Sekbernews.id – Menjelang lebaran 2024, selain THR, masyarakat Indonesia memiliki kultur memberikan bingkisan dalam menyambut perayaan setelah puasa Ramadhan ini.

Bingkisan tersebut diberi nama hampers atau parcel. Namun ternyata dua istilah ini meskipun memiliki kemiripan, namun ada perbedaan.

Hampers dan parcel, dua istilah yang sering kita dengar saat momen spesial seperti pernikahan, ulang tahun, atau Hari Raya tiba.

Meskipun sering digunakan secara bergantian, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam karakteristik, isi, dan kemasan.

Mari kita telaah lebih dalam perbedaan serta langkah-langkah pembuatannya.

Mengenal Hampers

Hampers, menurut Cambridge Dictionary, adalah kotak berisikan makanan atau minuman yang dijadikan hadiah. Biasanya hampers ditampilkan dengan cara terbuka, memamerkan isi yang beragam.

Ini adalah pilihan populer untuk pernikahan, ulang tahun, dan berbagai perayaan lainnya sebagai simbol kasih sayang, seringkali dilengkapi dengan kartu ucapan.

Proses pengiriman hampers memerlukan kehati-hatian ekstra karena kemasannya yang terbuka. Oleh karena itu, pengiriman biasanya dilakukan melalui layanan kurir baik itu motor ataupun mobil.

Bulan Ramadhan adalah waktu yang berpotensi menguntungkan bagi penjual hampers karena banyaknya permintaan dari pasar yang khusus dituju.

Mengenal Parcel

Parcel, di sisi lain, adalah barang yang dibungkus dengan kertas dan dikirimkan melalui pos. Berbeda dengan hampers yang terbuka, parcel dibungkus rapat menggunakan kertas atau bahan lainnya sehingga isi tidak terlihat dari luar.

Parcel sering beragam ukurannya, mulai dari standar hingga besar, namun tetap memperhatikan kemudahan dalam pengiriman. Biasanya parcel dibungkus dengan kardus atau kotak kayu untuk melindungi isi dari kerusakan.

Perbedaan Hampers dan Parcel

  1. Kemasan: Hampers dibungkus terbuka dengan menggunakan wadah keranjang anyaman atau box, sementara parcel dibungkus secara tertutup dengan kertas atau bahan lainnya.
  2. Isi: Parcel umumnya berisi barang-barang yang lebih kecil seperti makanan, minuman, atau peralatan kecil, sedangkan hampers biasanya berisi barang-barang yang lebih besar dan beragam, seperti tas, peralatan makan, atau peralatan dapur.
  3. Harga: Parcel cenderung memiliki harga lebih murah karena ukurannya yang lebih kecil dan isi yang lebih sedikit, sedangkan hampers biasanya lebih mahal karena isi yang lebih banyak dan beragam.

Cara Membuat Hampers dan Parcel

Langkah-langkah membuat hampers dan parcel yang menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen:

  1. Tentukan Tema: Sesuaikan tema dengan momen atau keinginan pelanggan, seperti tema Lebaran untuk bulan Ramadhan.
  2. Pilih Isi: Pilih barang-barang yang sesuai dengan tema dan keinginan pelanggan, pastikan untuk menyusunnya secara estetis.
  3. Kemas dengan Rapi: Susun isi hampers atau parcel dengan rapi dan kreatif, pastikan untuk memberikan perlindungan yang cukup jika perlu.
  4. Bungkus dengan Cantik: Bungkus hampers dengan plastik bening atau kertas untuk parcel agar terlihat menarik dan rapi saat diterima.

Dengan memahami perbedaan serta langkah-langkah pembuatannya, kita bisa membuat pilihan yang tepat antara hampers dan parcel sesuai dengan kebutuhan dan preferensi untuk momen spesial kita.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini