Kamis, Mei 9, 2024
30 C
Indramayu
BerandaNasionalKepuasan Masyarakat Turun Pasca Pemilu 2024

Kepuasan Masyarakat Turun Pasca Pemilu 2024

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Hasil survei yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 mengalami penurunan yang signifikan setelah hari pemungutan suara.

Menurut Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, pada saat exit poll di hari pencoblosan 14 Februari 2024, sebanyak 94,5 persen responden menyatakan puas dengan pelaksanaan pemilu. Namun, pada survei yang dilakukan pada 19-21 Februari 2024, tingkat kepuasan tersebut turun menjadi 83,6 persen.

Menurut Djayadi, penurunan tingkat kepuasan ini dapat dijelaskan oleh eksposur pemilih terhadap berita-berita negatif pasca-pemilu, seperti perdebatan seputar Sirekap dan kemungkinan pemungutan suara ulang.

“Hanya dalam waktu 5-10 hari, ada penurunan signifikan sampai 10 persen lebih. Menurut saya, salah satu penjelasannya adalah karena setelah pemilu, pemilih terekspos dengan berita-berita tentang perdebatan tentang Sirekap atau adanya pemungutan suara ulang dan sebagainya,” ungkap Djayadi dalam rilis survei, yang dikutip pada Senin (26/2/2024).

Djayadi juga memprediksi bahwa jika survei dilakukan kembali dalam beberapa pekan ke depan dan berita-berita negatif terkait pemilu terus berlanjut, kemungkinan besar akan terjadi penurunan lebih lanjut dalam tingkat kepuasan masyarakat.

Selain penurunan tingkat kepuasan, survei LSI juga mencatat adanya penurunan penilaian pemilih terhadap kejujuran dan keadilan jalannya pemilu. Saat exit poll di hari pencoblosan, sebanyak 94,3 persen pemilih menyatakan bahwa pemilu berlangsung jujur dan adil. Namun, pada saat survei dilakukan, terjadi penurunan tajam menjadi 76,4 persen, turun hampir 20 persen.

Survei LSI ini dilaksanakan pada 19-21 Februari 2024 dengan melibatkan 1.211 responden yang dipilih menggunakan metode random digit dialing. Wawancara responden dilakukan melalui telepon, dan margin of error survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, belum ada survei sejenis yang dikeluarkan oleh lembaga lain. Namun, hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam Pilpres 2024, dengan 58,82 persen suara berdasarkan penghitungan KPU per Minggu ini.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Saputrahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini