Selasa, Juli 16, 2024
28.4 C
Indramayu
BerandaHiburanHarashta Haifa Zahra, Pemenang Miss Supranational 2024 di Polandia dari Jawa Barat

Harashta Haifa Zahra, Pemenang Miss Supranational 2024 di Polandia dari Jawa Barat

Sekbernews.id – Harashta Haifa Zahra telah menorehkan sejarah baru. Pada Sabtu (6/7/2024), di Strzelecki Park Amphitheater, Nowy Sącz, Małopolska, Polandia, ia dinobatkan sebagai pemenang Miss Supranational 2024.

Prestasi ini menjadikannya sebagai Puteri Indonesia pertama yang meraih gelar tersebut dalam sejarah partisipasi Indonesia di ajang ini.

Di babak final, Harashta, yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat, bersaing ketat dengan Jenna Dykstra dari Amerika Serikat. Saat pengumuman pemenang, suasana haru pun pecah ketika nama Harashta disebut sebagai pemenang, menggantikan juara sebelumnya, Andrea Victoria Aguilera Paredes dari tahun 2023.

“Ini seperti mimpi yang menjadi nyata, dan aku tak sabar untuk menjalankan tugas sebagai Miss Supranational 2024. Tahun ini akan sangat istimewa, dan aku dipenuhi kebanggaan. Terima kasih kepada negaraku atas dukungan kalian. Indonesia, kita berhasil! Aku cinta kalian!” ungkap Harashta dalam postingan Instagram resmi Miss Supranational pada Minggu (7/7/2024).

Kemenangan Harashta sudah diprediksi banyak pihak. Ia berhasil mencuri perhatian melalui sejumlah kemenangan di berbagai kategori selama kompetisi berlangsung.

Selama mengikuti ajang tersebut, mahasiswa Teknik Lingkungan ini juga dinobatkan sebagai finalis paling berbakat dengan gelar “Supratalent 2024” yang diberikan pada 30 Juni 2024.

Penampilannya saat memainkan kecapi dan membawakan lagu “Bubuy Bulan” mendapat pujian tinggi. Ia juga menampilkan tarian tradisional Indonesia yang memukau penonton.

Pada malam final, Harashta tampil memukau dengan gaun rancangan Jessie Gunawan yang dinamai Lintang Segara. Gaun ini terbuat dari ribuan kristal perak dengan gradasi kebiruan, mencerminkan laut yang tenang namun kuat.

“Puteri Indonesia 2024 kita adalah bintang bangsa yang bersinar di kancah internasional. Keberanian, kegigihan, dan dedikasinya telah menyumbang prestasi bagi Indonesia,” tulis akun Instagram resmi Puteri Indonesia.

Harashta juga tampil dengan cocktail dress hitam pendek dengan outer songket Palembang dari benang perak, juga rancangan Jessie Gunawan. Gaun ini menonjolkan keanggunan dan kekayaan budaya Indonesia.

Yayasan Puteri Indonesia yang menaungi Harashta menyampaikan ucapan selamat atas pencapaiannya. “Kami merayakan pencapaian luar biasamu dan berharap dapat melihat semua hal menakjubkan yang akan kamu capai, @harashtata,” tulis mereka.

Beberapa hari sebelum malam final, Harashta tampil memukau dengan kostum nasional bertema Srikandi, tokoh pewayangan Indonesia.

Kostum ini dirancang oleh Intan Avantie, menampilkan kebaya dengan kain tradisional yang menggambarkan keindahan seni dan budaya Nusantara. Detail embos emas pada busana ini melambangkan kemegahan, dilengkapi dengan sabuk pending yang memberikan kestabilan gerak.

Selain itu, Harashta mengenakan mahkota yang dihiasi bunga-bunga lokal, melambangkan kebanggaan dan martabat wanita pemberani Indonesia.

“Dengan bangga, kostum nasional Srikandi Manah hadir membawa pesan damai melalui kekuatan, kecantikan, dan keberanian,” tulis akun resmi Puteri Indonesia.

Profil Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa Zahra berhasil menyandang gelar Puteri Indonesia 2024 setelah mengalahkan Sophie Kirana dari DI Yogyakarta pada malam final Pemilihan Puteri Indonesia 2024, yang berlangsung pada 8 Maret 2024. Jawabannya tentang peran perempuan dalam mendukung pembangunan mendapat apresiasi dari dewan juri.

Harashta lahir di Garut pada 5 September 2003 dan saat ini merupakan mahasiswa Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. Ia aktif dalam advokasi bertajuk Mother of Nature, yang terinspirasi dari masalah sampah di Kota Bandung.

Melalui inisiatif ini, Harashta berusaha mengatasi masalah sampah organik dengan berbagai program edukasi dan kesadaran masyarakat.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

Terkini