Rabu, Februari 28, 2024
BerandaDaerahHadiri Apel Siaga Bawaslu, Bupati Nina Minta Pengawas Bertindak Profesional

Hadiri Apel Siaga Bawaslu, Bupati Nina Minta Pengawas Bertindak Profesional

Sekbernews.id – INDRAMAYU Dalam rangka menghadapi masa tenang, pemungutan, dan penghitungan suara Pemilu 2024, Bupati Indramayu, Nina Agustina bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, mengikuti apel siaga yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu pada Rabu (7/2/2024).

Acara yang berlangsung di Halaman Parkir Stadion Tridaya ini juga dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Indramayu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, pimpinan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) beserta seluruh anggotanya se-Kabupaten Indramayu, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), Ketua Tim Kampanye dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, 2, dan 3, serta perwakilan dari partai politik.

Dalam sambutannya, Bupati Nina menekankan pentingnya peran Bawaslu dan jajarannya dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu secara profesional, termasuk menggambarkan peristiwa secara faktual dan menetralisir segala bentuk kejadian yang mungkin terjadi. Beliau menggarisbawahi perlunya semua tahapan pemilu berjalan sesuai dengan regulasi hukum yang ada.

Bupati Nina juga menyoroti pentingnya pemahaman menyeluruh tentang peraturan pemilu di kalangan Bawaslu, dari tingkat kabupaten hingga pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), demi menjaga keutuhan demokrasi dan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu.

Dalam upaya menciptakan situasi yang damai dan kondusif di Kabupaten Indramayu, sinergi antara berbagai pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat ditekankan oleh Bupati sebagai hal yang krusial.

“Saya mengajak semua pihak, baik penyelenggara pemilu maupun masyarakat, untuk berkomitmen dan aktif menjaga kondusivitas dan keamanan selama pemilu, demi terwujudnya pemilu tahun 2024 yang lebih baik dari segala aspek,” ujar Bupati Nina.

Lebih lanjut, beliau meminta agar selama masa tenang, tidak ada lagi kegiatan kampanye, serta memastikan bahwa tidak ada kecurangan yang terjadi selama pemungutan dan penghitungan suara, guna menjamin keadilan dan keamanan suara rakyat.

Bupati juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Ahmad Tabroni, menambahkan bahwa apel siaga ini merupakan pengingat bagi semua pihak terkait tugas dan fungsi pengawasan pemilu. Menurut arahan Bawaslu RI, lembaga Bawaslu diharapkan hadir tidak hanya dalam konteks pelaksanaan tugas pengawasan, namun juga dalam kesiapan menghadapi segala kemungkinan sebelum, selama, dan pasca pemilu.

“Kami mengajak semua untuk solid dan maksimal dalam melaksanakan tugas. Kami berharap pemilu di Kabupaten Indramayu dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan kondusif,” tutup Ahmad Tabroni.

Acara tersebut juga ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi pemilu yang damai dan berintegritas, menegaskan komitmen bersama untuk pemilu yang adil dan jujur di Kabupaten Indramayu.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait
spot_img

Terkini