Selasa, Juli 16, 2024
28.4 C
Indramayu
BerandaDaerahDeretan Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Siapa Saja?

Deretan Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Siapa Saja?

Sekbernews.id – BANDUNG Banyak nama beken di Jawa Barat mulai digadang-gadang untuk menjadi calon gubernur pada kontestasi Pilkada 2024 mendatang.

Provinsi dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak se-Indonesia ini, yakni 35.714.901, ini masih dinamis dalam menentukan bakal calon gubernurnya.

Setelah jalur perseorangan ditutup pada 12 Mei 2024 lalu, dan tidak ada yang mendaftar ke KPU Jawa Barat, maka tersisa hanya jalur partai politik untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2024 mendatang di Jawa Barat.

Saat ini partai politik di Jawa Barat masih dinamis. Belum ada satupun yang sudah menentukan bakal calonnya untuk maju sebagai gubernur maupun wakil gubernur pada Pilkada nanti.

Semua partai masih mematangkan konsolidasi dan komunikasinya dengan internal maupun eksternal. Dan semuanya akan terlihat hingga 27-29 Agustus 2024 mendatang saat pendaftaran pasangan calon dibuka KPU Jawa Barat.

Partai-partai masih melihat, mengamati, dan menimbang konstelasi yang ada. Saat ini publik baru menerka-nerka nama-nama yang muncul di media dan menyatakan diri siap jika ditugaskan.

Dari banyak nama, sederet nama beken yang populer di publik sudah digadang-gadang sebagai bakal calon. Setidaknya hal tersebut terlihat dari baliho maupun pemberitaan di media massa.

Inilah beberapa nama yang muncul sebagai kandidat yang bakal meramaikan kontestasi Pilkada 2024 Jawa Barat:

  1. Ridwan Kamil

Meski dikabarkan bakal diajukan sebagai calon gubernur Jakarta, namun nama Ridwan Kamil masih kencang dibicarakan di Jawa Barat.

Posisinya sebagai petahana dianggap paham seluk-beluk Jawa Barat. Nama pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga paling populer.

Akankah Kang Emil lebih memilih melanjutkan kepemimpinannya di Jawa Barat? Atau ia lebih memilih tantangan baru di Jakarta? Waktu yang akan membuktikannya.

  1. Dedi Mulyadi

Politisi yang kini aktif di Partai Gerindra ini dikenal luas dalam isu-isu sosialnya. Lewat media sosialnya, Kang Demul, begitu ia akrab disapa, aktif membagikan aktivitasnya di lapangan.

Sebagai sosok yang pernah menduduki berbagai jabatan di eksekutif maupun legislatif, Dedi Mulyadi dianggap mampu menjawab tantangan sebagai gubernur Jawa Barat.

  1. Ono Surono

Politisi yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat ini tampaknya merupakan calon tunggal dari partai berlogo kepala banteng bermoncong putih ini.

Sebagai ketua partai, Ono aktif bersafari keliling daerah menggalang konsolidasi. Anggota DPR RI yang kini terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini terus memiliki popularitas yang menanjak.

  1. Bima Arya

Bima Arya, Wali Kota Bogor ini juga dikabarkan siap ke Gedung Sate. Namanya muncul di berbagai hasil suvei. Meski tak signifikan, namun popularitasnya cukup baik.

Saat ini Bima Arya terus melakukan safari menggalang dukungan ke partai-partai. Akankah optimismenya bakal bertemu partai yang siap mengusungnya? Kita lihat nanti.

  1. Dessy Ratnasari

Nama Dessy Ratnasari memang dikenal sebagai artis sinetron di Indonesia. Namun satu dekade ini, nama tersebut lekat dengan politisi dari PAN sekaligus legislator di Senayan.

Dalam setiap kontestasi Pilkada Jawa Barat, nama Dessy juga sering muncul sebagai representasi perwakilan Jawa Barat selatan.

  1. Haru Suandharu

Haru Suandharu mungkin sedikit asing bagi publik. Namun Ketua DPW PKS Jawa Barat ini menjadi sosok yang digadang-gadang PKS untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Solidnya suara PKS di Jawa Barat dengan bukti 19 kursi DPRD Provinsi membuat Haru optimis PKS bakal mengembalikan kepemimpinan Jawa Barat kembali pasca Ahmad Heryawan dua periode silam.

  1. Kandidat lainnya

Selain enam nama diatas, ada juga Iwan Bule alias Mochamad Iriawan yang kabarnya siap maju dalam kontestasi Pilkada 2024 Jawa Barat.

Yang cukup mengejutkan adalah nama Ilham Habibie yang muncul dalam bursa kandidat. Nama putra mantan Presiden BJ Habibie ini diusung Partai NasDem.

Selain itu ada juga Deddy Mizwar. Mantan wakil gubernur era Ahmad Heryawan ini dikabarkan punya elektabilitas yang mumpuni, yakni 3,8 persen versi SMRC.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini