Senin, Juni 17, 2024
26.1 C
Indramayu
BerandaBudparCagar Budaya Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Tengah Direhabilitasi

Cagar Budaya Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Tengah Direhabilitasi

sekbernews.id – NGAWI  Kementerian PUPR tengah merehabilitasi cagar budaya Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem di Kab. Ngawi, Jawa Timur. Hal ini merupakan tindak lanjut atas direktif Presiden Joko Widodo usai meninjau bangunan bersejarah tersebut pada tahun 2019 lalu.

Rehabilitasi dikerjakan sejak Desember 2020 dengan melibatkan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur. Pekerjaan rehabilitasi meliputi 13 bangunan di dalam kompleks benteng, penataan kawasan inti benteng, pembangunan jalan, drainase, pedestrian, dan lanskap. Kamis,12 Mei 2022 kemarin, ujar Kementerian PUPR

BACA JUGA : Bangun Rumah Khusus Bagi MBR, Bupati Pohuwato Sampaikan Ini

Rehabilitasi dilakukan dengan mengembalikan fungsi bangunan cagar budaya serta seminimal mungkin mengubah bentuk bangunan lama agar nilai keasliannya tidak hilang. Rehabilitasi juga disesuaikan dengan fungsi kawasan sebagai tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal, papar Kementerian PUPR.

Menteri Basuki juga menginstruksikan penghijauan di kawasan Benteng Pendem agar tidak terlihat gersang. Rehabilitasi diharapkan selesai tepat waktu pada Januari 2023, pungkasnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini