Senin, Juli 22, 2024
29.8 C
Indramayu
BerandaDaerah722 Poktan Terima Benih Padi Unggul dari Bupati Nina

722 Poktan Terima Benih Padi Unggul dari Bupati Nina

Sekbernews.id – INDRAMAYU Dalam upaya memperkuat posisi Kabupaten Indramayu sebagai lumbung pangan nasional, pemerintah setempat mengambil langkah strategis dengan mendistribusikan benih padi unggul kepada para petani.

Sebanyak 722 kelompok tani (Poktan) yang berada di 22 kecamatan menjadi penerima bantuan ini, dalam sebuah acara yang diselenggarakan pada Senin (12/2/2024) di Balai Benih Hortikultura DKPP Desa Kebulen, Kecamatan Jatibarang.

Bupati Indramayu,Nina Agustina, menekankan pentingnya beberapa faktor utama dalam pertanian, seperti ketersediaan benih berkualitas, lahan subur, akses terhadap air, intensitas cahaya matahari yang cukup, ketersediaan pupuk, dan sumber daya manusia (SDM) petani yang tangguh.

“Benih unggul ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan kualitas produksi padi, dengan harapan dapat menghasilkan padi yang tahan terhadap penyakit, banjir, dan memiliki keunggulan lainnya,” ujar Nina.

Kegiatan ini juga didukung oleh teknologi modern dalam pembenihan, irigasi, pascapanen, dan nutrisi tanaman, untuk memperkuat sektor pertanian di Indramayu. Nina Agustina mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para petani Indramayu yang telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas pertanian.

“Terima kasih kepada para petani yang telah menjadi pahlawan pangan di Indonesia. Mari kita bersinergi untuk mewujudkan visi lumbung pangan nasional,” tambahnya.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heriyanto, menyampaikan bahwa total benih yang dibagikan mencapai 556.275 kilogram.

Sugeng berharap bahwa bantuan benih ini dapat membantu para petani mengurangi biaya produksi, khususnya dalam penyediaan benih padi.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini