Kamis, Mei 9, 2024
28.3 C
Indramayu
BerandaPolitikSurvei Capres Terbaru Kompas, Ganjar dan Anies Digabung Tetap Prabowo Unggul

Survei Capres Terbaru Kompas, Ganjar dan Anies Digabung Tetap Prabowo Unggul

spot_img

Sekbernews.id – JAKARTA Hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh Litbang Kompas menempatkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di puncak elektabilitas.

Survei ini dilaksanakan antara 29 November hingga 4 Desember 2023, dan mengungkapkan bahwa duet Prabowo-Gibran berhasil memperoleh dukungan elektabilitas sebesar 39,3 persen.

Menurut peneliti Litbang Kompas, Bambang Setiawan, pasangan Prabowo-Gibran unggul di berbagai kategori sosio-demografis.

“Pasangan ini mendominasi dukungan baik di kalangan pemilih perkotaan maupun perdesaan, serta dari segi gender, baik laki-laki maupun perempuan,” ujar Bambang Setiawan, seperti dikutip dari Harian Kompas pada Senin (11/12/2023).

Ia juga menambahkan, suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi pada hampir semua kelompok pemeluk agama.

Dalam survei yang sama, elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, tercatat sebesar 16,7 persen.

Sementara itu, capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, memiliki tingkat elektoral sebesar 15,3 persen.

Survei ini melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Metodologi yang digunakan dalam survei ini memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error lebih kurang 2,65 persen.

Hal ini mengindikasikan bahwa hasil survei mencerminkan preferensi elektoral dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Survei ini dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas dan diharapkan dapat memberikan gambaran awal mengenai peta kekuatan politik menjelang pemilihan presiden 2024.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini