Jumat, Maret 1, 2024
BerandaNasionalSiapa Pemilik Lembaga Survei? Ini Pemilik 7 Lembaga Survei Terkenal

Siapa Pemilik Lembaga Survei? Ini Pemilik 7 Lembaga Survei Terkenal

Sekbernews.id – JAKARTA Seiring mendekatnya pemilihan umum di Indonesia, berbagai lembaga survei merilis data statistik yang beragam untuk mengevaluasi berbagai aspek yang terkait dengan para politisi.

Lembaga survei di Indonesia tak hanya bertugas sebagai analis, tetapi juga memainkan peran penting dalam proses elektoral. Meski demikian, tidak semua lembaga survei diakui secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berikut adalah beberapa lembaga survei terkemuka yang diakui di kalangan politisi maupun masyarakat Indonesia:

1. Indikator Politik Indonesia (Burhanuddin Muhtadi)

Indikator Politik Indonesia didirikan dengan tujuan memperkuat konsolidasi demokrasi di Indonesia. Mereka percaya bahwa proses pengambilan kebijakan publik harus responsif terhadap aspirasi masyarakat. Saat ini, lembaga ini dipimpin oleh Burhanuddin Muhtadi sebagai Direktur Eksekutif.

2. Lembaga Survei Indonesia (Djunaedi Hadisumanto)

Lembaga ini didirikan dengan keyakinan bahwa demokrasi Indonesia akan efektif jika tanggap terhadap persepsi dan evaluasi publik. Mereka mengklaim independen, non-partisan, dan nirlaba. Djunaedi Hadisumanto memimpin sebagai Ketua Dewan Pembina, dengan prinsip kerja berdasarkan kode etik survei opini publik “International Association of Public Opinion Research”.

3. Poltracking Indonesia (Hanta Yuda AR)

Poltracking Indonesia dikenal karena keberhasilannya memprediksi Jokowi sebagai calon presiden paling potensial di antara kandidat lainnya. Lembaga ini dipimpin oleh Hanta Yuda AR sebagai Direktur Eksekutif dan Ketua Yayasan.

4. Charta Politika (Yunarto Wijaya)

Selain sebagai lembaga survei, Charta Politika juga berperan sebagai konsultan politik yang populer. Mereka melakukan pendataan dan pemetaan terperinci dari berbagai aspek yang memengaruhi fenomena politik.

5. Saiful Mujani Research & Consulting

Didirikan oleh Saiful Mujani, mantan pemimpin Lembaga Survei Indonesia, SMRC telah aktif melakukan survei opini publik baik di tingkat nasional maupun lokal sejak 2011.

6. CSIS (Sofjan Wanandi)

Centre for Strategic and International Studies berperan sebagai wadah akademis yang dibentuk pada 1971, fokus pada diskusi dan analisis strategis terkait isu-isu internasional.

7. Voxpol Center (Pangi Syarwi Chaniago)

Voxpol Center terkenal karena keakuratannya dalam memprediksi hasil pemungutan suara. Didirikan oleh Pangi Syarwi Chaniago, lembaga ini telah terbukti mampu memperkirakan hasil Pilkada Surakarta 2020 dengan tepat.

Lembaga-lembaga survei ini memiliki peran penting dalam mengukur opini publik serta memberikan pandangan yang berharga dalam proses politik. Namun, pengakuan resmi dari KPU hanya diberikan kepada sebagian kecil dari lembaga survei yang beroperasi di Indonesia.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini