Selasa, Juli 16, 2024
28.4 C
Indramayu
BerandaPolitikProfil Sohibul Iman, Bakal Cagub Jakarta yang Diusung PKS

Profil Sohibul Iman, Bakal Cagub Jakarta yang Diusung PKS

Sekbernews.id – JAKARTA Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan akan mengusung Sohibul Iman sebagai calon Gubernur Jakarta di Pilgub Jakarta 2024.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat Dewan Pimpinan Pusat dan Majelis Syura partai yang berlambang dua bulan sabit dan 17 butir padi tersebut.

Profil Mohamad Sohibul Iman

Sohibul Iman, yang menjabat sebagai presiden PKS periode 2015-2020, dianggap memiliki kontribusi besar terhadap peningkatan jumlah suara dan kursi di parlemen pada Pemilu 2019 sebesar 1,44 persen.

Pria bernama lengkap Mohamad Sohibul Iman ini memiliki latar belakang pendidikan di bidang Sains dan Teknologi. Ia menyelesaikan studi S2 di Takushoku University, Tokyo, jurusan Teknik Mesin, sesuai dengan jurusan yang diambilnya saat S1.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sohibul telah melakoni berbagai pekerjaan, seperti menjadi penyiar radio Jepang NHK, peneliti, konsultan hukum, hingga menjadi rektor perguruan tinggi.

Sejak muda, Sohibul telah menunjukkan jiwa kepemimpinannya melalui pendirian sejumlah organisasi, seperti Institute for Science and Technology Studies serta Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia pada tahun 1996 dan 2000.

Pria kelahiran Depok, 5 Oktober 1965, ini juga pernah dipercaya menjadi Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Nurul Fikri dan Yayasan Inovasi Teknologi.

Sosok Sohibul dikenal ramah, berwawasan luas, dan sangat tenang. Sohibul memulai perjalanan karier politiknya pada tahun 1998 saat Indonesia sedang dilanda era reformasi dan kerusuhan politik.

Dirinya sempat bergabung dengan Partai Keadilan (PK) yang menjadi cikal bakal berdirinya PKS. Bahkan, Sohibul Iman saat itu sudah diamanahi menjadi Ketua Departemen IPTEK-LHH, DPP PK.

Karena adanya peraturan yang menyatakan seorang PNS tidak boleh menjadi pengurus partai, pria yang menghabiskan masa kecilnya di Tasikmalaya tersebut memutuskan keluar dan melanjutkan kariernya sebagai peneliti hingga 2005.

Gelar Ph.D disematkan di belakang namanya usai melanjutkan S3 di Ishikawa Jepang dengan mengambil spesialisasi kebijakan industri dan teknologi. Ia dikenal selalu antusias saat membicarakan topik seputar sains dan teknologi.

Usai berhenti menjadi PNS pada 2007, Sohibul mendapatkan tawaran dari koleganya di PKS untuk kembali menggeluti dunia politik.

Sohibul yang saat itu sudah siap akhirnya memutuskan bergabung kembali dan langsung didaulat menjadi Ketua DPP PKS bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi.

Bergabungnya ia menjadi caleg pada 2009 menjadikan Sohibul sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014. Karier politiknya kian melejit usai Fraksi PKS menunjuk Sohibul sebagai wakil ketua DPR RI pada 2013-2014.

PKS lantas mempercayakan Sohibul Iman untuk menjadi presiden di partai internalnya untuk periode 2015-2020.

Kontribusinya terlihat dalam perolehan kursi parlemen PKS yang pada 2014 hanya memperoleh 40 kursi atau sekitar 8,46 juta suara (6,77 persen) naik signifikan pada 2019 menjadi 50 kursi atau sekitar 11,49 juta suara (8,21 persen).

Citra baik Sohibul Iman sepanjang karier berpolitiknya menjadikan PKS percaya diri untuk memenangkan Pilkada Jakarta dengan mengusung namanya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

Terkini