Selasa, Juli 16, 2024
29 C
Indramayu
BerandaNasionalKapolri Listyo Sigit Prabowo Lakukan Mutasi 745 Perwira, Ada Apa?

Kapolri Listyo Sigit Prabowo Lakukan Mutasi 745 Perwira, Ada Apa?

Sekbernews.id – JAKARTA Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali mengadakan mutasi besar-besaran terhadap 745 personelnya. Langkah strategis ini diumumkan melalui empat surat telegram yang diterbitkan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada Rabu, 26 Juni 2024.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, menjelaskan bahwa mutasi ini mencakup berbagai aspek seperti promosi, pensiun, dan penugasan khusus.

Dari total 745 personel yang dimutasi, 29 di antaranya merupakan perwira tinggi (pati) dan 443 perwira menengah (pamen).

Salah satu sorotan dari mutasi ini adalah promosi dua pejabat utama Polri. Irjen Pol. Syahardiantono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Propam Polri, kini dipromosikan menjadi Kabaintelkam.

Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Komjen Pol. Suntana yang pensiun pada 2 Juni 2024. Sementara itu, Irjen Pol. Abdul Karim ditunjuk untuk mengisi posisi Kadiv Propam yang ditinggalkan oleh Syahardiantono.

Mutasi ini juga menyentuh level daerah dengan promosi dua kapolda. Brigjen Pol. Suyudi Ario Seto, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya, kini dipercaya untuk memimpin Polda Banten.

“Ada dua pejabat utama Polri yang mendapat promosi dan dua kapolda,” ujar Dedi dikutip pada Rabu (26/6/2024).

Selain itu, Brigjen Pol. Whisnu Hermawan Februanto, mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri, diangkat menjadi Kapolda Sumatera Utara.

Mutasi ini juga memberikan kesempatan bagi polwan untuk menduduki jabatan strategis. Dari total personel yang dimutasi, terdapat 18 polwan yang mendapatkan promosi.

Rinciannya meliputi satu Brigjen Pol., sebelas Kombes Pol., empat AKBP, dan dua kapolres.

Hal ini menunjukkan komitmen Polri dalam memberikan kesempatan yang setara bagi personel perempuan untuk berkembang dalam karirnya.

Dedi Prasetyo merinci bahwa mutasi promosi ini melibatkan dua Irjen, 27 Brigjen, 346 Kombes, 97 AKBP mantap, empat kapolres IIB, dan 146 kapolres IIIA2.

Selain promosi, mutasi juga mencakup 68 personel yang memasuki masa pensiun, 24 personel yang mendapatkan penugasan khusus, dua personel yang kembali dari penugasan khusus, enam personel yang mengalami demosi, dan satu personel yang menjalani pendidikan.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

Terkini