Selasa, Juli 16, 2024
29 C
Indramayu
BerandaDaerahGandeng BPN, Pemkab Indramayu Gelar Sosialisasi PTSL

Gandeng BPN, Pemkab Indramayu Gelar Sosialisasi PTSL

Sekbernews.id – INDRAMAYU Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Diskimrum) Kabupaten Indramayu menyelenggarakan sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan sinergitas antara Program Strategis Nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan pemerintah daerah.

Acara sosialisasi yang berlangsung di Ruang Ki Sidum pada Selasa (26/03/2024) dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, bersama dengan Kepala Diskimrum Kabupaten Indramayu, Erpin Marpinda, serta para Camat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Indramayu, Aep Surahman menegaskan pentingnya sosialisasi PTSL sebagai upaya mencegah sengketa dan perselisihan terkait kepemilikan tanah.

“PTSL merupakan program unggulan pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara mudah dan murah. Karena sertifikat tanah penting bagi para pemilik tanah, tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan terkait kepemilikan tanah,” ujarnya lewat keterangan tertulis pada Kamis (28/3/2024).

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu, Gunung Jayalaksana, turut memberikan paparan mengenai progres PTSL dari tahun 2017 hingga 2023. Dalam periode tersebut, telah terbit sebanyak 209.760 sertifikat tanah. Meski demikian, hal ini tidak membuat pihak terkait berpuas diri.

“Target kami untuk tahun 2024 adalah penerbitan sertifikat untuk 80.000 bidang tanah, menandakan komitmen kami untuk terus meningkatkan akses kepemilikan tanah yang sah bagi masyarakat,” ungkap Gunung.

Sosialisasi ini dianggap sebagai momentum penting untuk memperkuat kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah dalam memastikan kepemilikan tanah masyarakat terdaftar secara lengkap dan sah.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini