Thursday, October 24, 2024
HomeDaerahPjs Bupati Indramayu Pastikan Kondisi Debit Air Sungai Cimanuk Aman

Pjs Bupati Indramayu Pastikan Kondisi Debit Air Sungai Cimanuk Aman

Sekbernews.id – INDRAMAYU Pjs Bupati Indramayu, Dedi Taufik Kurohman melakukan kunjungan langsung ke Bendungan Karet Bangkir hari ini, Jum’at (27/9/2024).

Ia berupaya memastikan debit air Sungai Cimanuk saat ini. Sebab di hulu CImanuk telah terjadi peninkatan debit air yang mungkin saja sampai ke hilir di Kabupaten Indramayu.

“Saat ini dipastikan debit air Sungai Cimanuk kondisinya aman,” ungkap Dedi.

Saat ini, proyek pembangunan sipon tengah berlangsung di Bendungan Karet Bangkir, yang berfungsi sebagai wilayah pembagi aliran.

Akibat adanya pekerjaan ini, aliran air tertahan sehingga debit yang menuju Cimanuk lama mengalami peningkatan, dan air meluap melewati pintu air hingga memasuki pekarangan serta halaman rumah warga di Desa Telukagung, Kecamatan Indramayu.

Jika kondisi ini tidak segera ditangani, dikhawatirkan air bisa meluap ke pemukiman warga di desa-desa lainnya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BBWS, dan untuk sementara proyek sipon dihentikan sampai situasi air kembali normal. Saat ini, kami juga melakukan normalisasi di aliran Cimanuk lama yang melintasi wilayah kota,” ujar Dedi Taufik yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Aep Surahman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti, menambahkan bahwa BBWS sedang melakukan normalisasi aliran Cimanuk lama menuju Indramayu Kota, dimulai dari Bendungan Karet Bangkir hingga Bendungan Karet Brondong.

“Kami berharap proses normalisasi ini bisa menjadi solusi jika debit Sungai Cimanuk kembali meningkat di masa mendatang,” tutur Asep.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Berita Terkait

terbaru