Sunday, September 8, 2024
27.4 C
Indramayu
HomeDaerahGerindra Jadi Juara di Pemilu Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat

Gerindra Jadi Juara di Pemilu Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat

Sekbernews.id – BANDUNG Partai Gerindra berhasil meraih kursi terbanyak di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Keputusan ini secara resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Bandung, Selasa (28/5/2024).

Gerindra menempati posisi pertama dengan perolehan 20 kursi. Di posisi berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar sama-sama memperoleh 19 kursi. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyusul dengan perolehan 17 kursi di DPRD Jawa Barat.

Selain itu, partai-partai lain yang berhasil mendapatkan kursi di DPRD Jawa Barat adalah Partai Demokrat dan Partai NasDem yang masing-masing memperoleh 8 kursi. Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh 7 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memperoleh 6 kursi, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memperoleh 1 kursi.

“Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat tentang penetapan perolehan kursi partai politik peserta Pemilihan Umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam Pemilihan Umum tahun 2024,” ujar Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni, Rabu (29/5).

Ummi Wahyuni juga menambahkan bahwa tahap selanjutnya adalah memproses pelantikan para anggota dewan hasil Pemilu 2024. Dalam rapat pleno tersebut, KPU Jawa Barat juga melakukan perubahan anggota DPRD terpilih untuk anggota DPRD dari PAN Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 13 dan PKB Jawa Barat 6, yang meninggal dunia.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait

Terkini