Tuesday, September 17, 2024
HomeDaerahDiskanla Indramayu Bersama Ono Surono Gelar Penguatan Masyarakat dan SDM Kelautan

Diskanla Indramayu Bersama Ono Surono Gelar Penguatan Masyarakat dan SDM Kelautan

Sekbernews.id – INDRAMAYU Hotel Wiwi Perkasa Indramayu menjadi saksi acara sosialisasi mengenai penguatan peran masyarakat dalam pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan melalui sistem pengawasan berbasis masyarakat. Acara yang dihelat pada Senin (29/7/2024) tersebut berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh ratusan tamu undangan.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahwa masyarakat memiliki peran penting dalam pengawasan kelautan dan perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi, menjelaskan kepada awak media bahwa masyarakat yang tergabung dalam kelompok pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kelestarian sumberdaya ini.

“Kegiatan hari ini berkaitan dengan pelibatan dan peran serta masyarakat, yang dinamakan Kelompok Masyarakat Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan,” ujar Edi.

Menurutnya masyarakat memiliki peran besar untuk menjaga kelestarian sumber daya ini, seperti memastikan penggunaan jaring yang sesuai dan melaporkan alat tangkap yang dilarang seperti setrum atau racun. Karena masyarakat tinggal di wilayah tersebut, mereka lebih mudah melakukan pengawasan.

Edi juga menambahkan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Kepala Pangkalan PSDMKP Jakarta, serta Ono Surono, yang juga merupakan anggota DPR RI Komisi 4 yang membidangi perikanan dan kelautan.

“Kami berharap dengan adanya aturan-aturan yang berlaku, masyarakat dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga kelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan, serta bersinergi dalam pengawasannya,” tutup Edi.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan peran masyarakat dalam pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan semakin kuat, sehingga kelestarian lingkungan laut dan hasil tangkapan perikanan dapat terjaga dengan baik.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
RELATED ARTICLES

Most Popular