Tuesday, September 17, 2024
HomeDaerahBupati Nina Hadiri Wisuda Akbar Hafalan Qur'an dengan Metode Kauny

Bupati Nina Hadiri Wisuda Akbar Hafalan Qur’an dengan Metode Kauny

Sekbernews.id – INDRAMAYU Rasa bangga patut diberikan kepada 600 pelajar SD yang berhasil menghafal Al-Qur’an Surat An-Naba. Dengan memanfaatkan metode Kauny, para pelajar SD ini menjadi lebih mudah dalam menghafal dan memahami makna ayat-ayat tersebut.

Kebanggaan tersebut diungkapkan oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, yang hadir langsung dalam acara Wisuda Akbar Hafalan Al-Qur’an Surat An-Naba, pada Kamis (25/7/2024) kemarin.

Acara ini diikuti oleh 600 pelajar SD se-eks Kawedanaan Karangampel yang meliputi daerah Juntinyuat, Karangampel, Krangkeng, dan Kedokan Bunder, di Desa Srengseng Kecamatan Krangkeng.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Caridin, menjelaskan bahwa metode Kauny adalah teknik menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan gerakan yang mempermudah proses menghafal dan memahami makna ayat-ayatnya.

Saat ini, metode tersebut telah diterapkan di semua SD Negeri di Kabupaten Indramayu. Para siswa mempraktikkannya setiap pagi selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai.

“Seluruh SD Negeri di Indramayu telah menerapkan metode Kauny ini. Setiap pagi selama 15 menit sebelum KBM, siswa mempraktikkannya. Kami menyebutnya sebagai metode One Day One Ayat Kauny,” jelas Caridin, didampingi oleh Kasi Kesetaraan, Wasilah.

Caridin menambahkan bahwa dengan metode Kauny, dalam waktu 1-2 bulan, siswa sudah bisa menghafal Surat An-Naba dengan lancar dan memahami maknanya.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, yang hadir langsung dalam acara wisuda tersebut, berharap dengan penerapan metode Kauny di SD Negeri di Kabupaten Indramayu, para pelajar dapat menjadi generasi Qur’ani yang mencintai dan mengamalkan isi Al-Qur’an.

“Saya sangat bangga dan terharu melihat anak-anak kita mampu menghafal Surat An-Naba. Semoga ini menjadi langkah kita untuk mewujudkan generasi Qur’ani di Indramayu,” kata Nina.

Nina Agustina menambahkan bahwa pada bulan Maret tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah melatih 400 guru agama dan 400 siswa sebagai tutor untuk mengembangkan metode Kauny ini.

“Kami telah melatih para guru dan siswa sebagai tutor. Hari ini kita bisa melihat hasilnya, anak-anak kita sudah bisa menghafal Surat An-Naba,” tutupnya.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
RELATED ARTICLES

Most Popular