Thursday, October 24, 2024
HomeDaerahPjs Bupati Indramayu Kunjungi Laboling di Kecamatan Widasari

Pjs Bupati Indramayu Kunjungi Laboling di Kecamatan Widasari

Sekbernews.id – INDRAMAYU Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Dr. H. Dedi Taufik, M. Si, melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Widasari pada Rabu (9/10/2024).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memantau pelaksanaan Layanan Rebo Keliling (Laboling) yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka memperdekat akses layanan publik kepada masyarakat di tingkat kecamatan dan desa.

Dalam kunjungannya, Dedi Taufik didampingi beberapa pejabat, di antaranya Kepala Bappeda-Litbang, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Camat Widasari.

Dedi Taufik menyampaikan komitmennya bahwa Pemkab Indramayu akan terus mengembangkan inovasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik agar masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan yang mereka butuhkan.

Pelayanan yang ditawarkan di program Laboling ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengurus administrasi dengan lebih cepat dan tidak perlu datang jauh-jauh ke pusat pemerintahan.

“Pelayanan seperti ini penting untuk memastikan masyarakat dapat menikmati kemudahan akses, terutama di desa-desa,” ujar Dedi Taufik.

Program Laboling menawarkan berbagai layanan penting, seperti Dukcapil Mlayu yang memfasilitasi masyarakat dalam pengurusan dokumen-dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta Akta Kelahiran.

Bagi pelaku UMKM, layanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) juga disediakan untuk mempermudah proses perizinan usaha.

Selain itu, ada juga layanan untuk pengurusan sertifikat halal dan Izin Rumah Tangga Pangan (IRTP) bagi pelaku usaha makanan dan minuman. Sertifikasi ini sangat penting untuk memastikan produk mereka memenuhi standar yang ditetapkan.

Tak ketinggalan, Laboling juga menawarkan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga yang hadir, yang disambut dengan antusias oleh masyarakat karena dapat membantu mendeteksi kondisi kesehatan secara dini.

Semua layanan yang disediakan dalam program Laboling ini tidak dipungut biaya, menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah, dan gratis kepada masyarakat.

Dari data layanan administrasi kependudukan (adminduk) dalam program Laboling ini, tercatat beberapa hasil, antara lain: rekam KTP elektronik untuk 3 orang, cetak KTP elektronik untuk 47 orang, Kartu Identitas Anak (KIA) untuk 23 orang, Kartu Keluarga (KK) untuk 30 orang, aktivasi KTP Digital untuk 11 orang, Akta Kelahiran untuk 77 orang, Akta Kematian untuk 2 orang, serta konsultasi adminduk untuk 12 orang.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Berita Terkait

terbaru