Rabu, Juni 19, 2024
29.1 C
Indramayu
BerandaHiburanSinopsis Film A Private War, Kisah Seorang Jurnalis Perang yang Nekat

Sinopsis Film A Private War, Kisah Seorang Jurnalis Perang yang Nekat

Sekbernews.id – A Private War adalah sebuah film biografi yang dirilis pada tahun 2018, disutradarai oleh Matthew Heineman. Film ini mengisahkan kehidupan dan karier seorang jurnalis perang terkenal, Marie Colvin.

Dengan latar belakang konflik di berbagai belahan dunia, film ini berhasil menyuguhkan potret mendalam tentang dedikasi dan pengorbanan seorang jurnalis dalam menyampaikan kebenaran.

Sinopsis

A Private War mengikuti perjalanan Marie Colvin (diperankan oleh Rosamund Pike), seorang jurnalis perang asal Amerika yang bekerja untuk The Sunday Times. Marie dikenal karena keberaniannya dalam meliput konflik di daerah-daerah berbahaya, seperti Sri Lanka, Irak, dan Suriah.

Meskipun mengalami trauma dan kehilangan satu matanya akibat ledakan granat, Marie terus melanjutkan pekerjaannya. Film ini tidak hanya menyoroti keberanian Marie di lapangan, tetapi juga perjuangannya melawan dampak psikologis dari pekerjaannya.

Alur Cerita

Cerita dimulai dengan penggambaran latar belakang Marie Colvin, yang sangat berdedikasi pada pekerjaannya sebagai jurnalis. Kita diperkenalkan pada berbagai konflik yang ia liput, dimulai dari perang saudara di Sri Lanka di mana ia kehilangan salah satu matanya. Pengalaman traumatis ini tidak menghentikan Marie, justru menambah tekadnya untuk mengungkap kebenaran.

Alur film bergerak maju dengan cepat, menampilkan berbagai momen dramatis dari karier Marie. Setiap konflik yang diliputnya membawa dampak yang berbeda, baik secara fisik maupun emosional. Kita melihat bagaimana Marie berjuang dengan PTSD (post-traumatic stress disorder) dan hubungannya dengan alkohol.

Hubungan Marie dengan fotografer Paul Conroy (diperankan oleh Jamie Dornan) menjadi salah satu fokus emosional dalam film ini. Mereka berdua memiliki hubungan yang kompleks, didasari oleh rasa saling menghormati dan kesamaan tujuan.

Klimaks film ini terjadi saat Marie dan Paul meliput perang di Homs, Suriah. Ini adalah salah satu liputan paling berbahaya yang mereka lakukan. Keberanian Marie untuk terus melaporkan situasi mengerikan di Homs, meskipun dalam ancaman bahaya yang nyata, menunjukkan tekadnya yang tak tergoyahkan. Tragisnya, liputan ini berakhir dengan kematian Marie, yang menjadi simbol pengorbanan tertinggi dalam profesinya.

Data Film

InformasiDetail
JudulA Private War
SutradaraMatthew Heineman
Penulis SkenarioArash Amel
Tanggal Rilis2 November 2018
GenreBiografi, Drama, Perang
Durasi110 menit
Pemeran UtamaRosamund Pike, Jamie Dornan, Tom Hollander, Stanley Tucci
MusikH. Scott Salinas
SinematografiRobert Richardson
ProduksiAviron Pictures, Kamala Films

Kesimpulan

A Private War adalah film yang sangat kuat dan emosional, menawarkan pandangan mendalam tentang dunia jurnalisme perang dan pengorbanan yang menyertainya. Penampilan luar biasa dari Rosamund Pike sebagai Marie Colvin berhasil membawa karakter ini hidup dengan cara yang menyentuh dan realistis.

Film ini adalah penghormatan yang pantas bagi para jurnalis yang berani mempertaruhkan nyawa mereka demi menyampaikan kebenaran dari medan perang. Bagi siapa pun yang tertarik dengan kisah-kisah nyata dari dunia jurnalisme, A Private War adalah film yang wajib ditonton.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Rizki Adi Natahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita hiburan, olahraga, serta kesehatan.
Artikel Terkait

Terkini