Selasa, Juli 16, 2024
29 C
Indramayu
BerandaDaerahSimulasi Pemadaman Api Terbanyak, Pertamina Balongan Catatkan Rekor MURI

Simulasi Pemadaman Api Terbanyak, Pertamina Balongan Catatkan Rekor MURI

Sekbernews.id – INDRAMAYU Dalam rangka memperingati Hari Pemadam Kebakaran Internasional (International Fire Fighters Day atau IFFD) tahun 2024, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menggelar acara spesial dengan mencatatkan Rekor Muri untuk “Peragaan Pemadaman Kebakaran di Rumah Tangga secara Serentak oleh Petugas Terbanyak” pada hari Rabu (10/7/2024).

Acara ini dilaksanakan serentak di seluruh kilang Pertamina di Indonesia, termasuk anak perusahaan PT KPI, dengan jumlah peserta mencapai sekitar 1553 orang.

PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan turut serta dengan melibatkan 208 peserta dalam peragaan tersebut.

Peragaan pemadaman yang dilakukan melibatkan latihan memadamkan api pada wajan dengan cara menutupnya menggunakan handuk basah. Setiap peserta didampingi oleh Tim Emergency and Insurance RU VI yang memastikan aspek keselamatan tetap terjaga.

Mohamad Zulkifli, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Unit VI Balongan, menjelaskan bahwa 208 peserta dari Unit VI Balongan terdiri dari ibu-ibu dari delapan desa sekitar Kilang Balongan dan Perumahan Bumi Patra Pertamina, istri pekerja Pertamina, asisten rumah tangga, serta mitra binaan RU VI.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan aman tanpa ada insiden,” kata Zulkifli.

Zulkifli juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, terutama ibu-ibu, tentang pentingnya pengetahuan cara memadamkan kebakaran di dapur.

Dengan pengetahuan ini, kebakaran kecil dapat segera diatasi sebelum berkembang menjadi lebih besar.

Manager Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PT KPI Unit VI Balongan, dr. Nur Muhammad Marheliansyah, menjelaskan bahwa kegiatan IFFD merupakan momen untuk mengingat dan menghormati jasa para petugas pemadam kebakaran di seluruh dunia.

“PT KPI mengadakan acara ini untuk mengingatkan bahwa kilang, sebagai perusahaan minyak dan gas, memiliki risiko kebakaran yang tinggi,” ujar dr. Nur.

Dr. Nur juga menekankan bahwa pelibatan ibu-ibu dari desa sekitar Kilang Balongan adalah bentuk perhatian perusahaan terhadap masyarakat, dengan memberikan edukasi tentang cara penanggulangan kebakaran kecil.

Selain pencatatan Rekor Muri, dr. Nur menambahkan bahwa telah dilaksanakan kegiatan “Fire Goes to Campus” di Kampus ITPB beberapa waktu lalu, dan pada 11 Juli 2024 akan diadakan kompetisi “Fire Combat” yang melibatkan warga dan perusahaan sekitar Kilang Balongan.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini