Kamis, April 25, 2024
30.6 C
Indramayu
BerandaDaerahPastikan Mudik Lancar, Polres Indramayu Lakukan Ramp Check

Pastikan Mudik Lancar, Polres Indramayu Lakukan Ramp Check

spot_img

Sekbernews.id – INDRAMAYU Polres Indramayu, sebagai bagian dari jajaran Polda Jabar, telah melaksanakan kegiatan Ramp Check Kesiapan Pengemudi dan Angkutan Umum Lebaran dalam rangka menjalankan Operasi Ketupat Lodaya 2024, Selasa (2/4/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H., dengan dukungan instansi terkait seperti Kapolsek Sindang dan Kanit Kamsel Polres Indramayu.

Fokus utama dari kegiatan Ramp Check ini adalah memeriksa kesiapan pengemudi dan kondisi kendaraan yang akan digunakan sebagai angkutan Lebaran. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan serta memastikan keselamatan selama masa angkutan Lebaran.

AKBP M. Fahri Siregar menjelaskan bahwa dalam Ramp Check tersebut, beberapa hal yang diperiksa antara lain adalah kesiapan kendaraan bermotor. Ini meliputi pemeriksaan fisik seperti lampu, klakson, shockbreaker, ban, dan komponen lainnya.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana keselamatan di dalam kendaraan, seperti pintu darurat dan alat pemecah kaca.

Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan terhadap kesiapan pengemudi, termasuk kesehatannya. Hal ini dilakukan melalui tes urine dan pemeriksaan tekanan darah. Selain itu, dokumen-dokumen seperti SIM, STNK, dan buku KIR juga diperiksa untuk memastikan kelengkapan administrasi.

Kegiatan Ramp Check ini merupakan salah satu bentuk antisipasi dalam menghadapi arus mudik Lebaran.

“Kami ingin memastikan bahwa angkutan umum yang digunakan selama Lebaran benar-benar dalam kondisi yang siap dan aman untuk digunakan,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut, AKBP M. Fahri Siregar menegaskan bahwa kegiatan Ramp Check ini merupakan bagian dari upaya Polres Indramayu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama masa angkutan Lebaran serta dalam menjalankan Operasi Ketupat Lodaya 2024.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkini