Selasa, Juli 16, 2024
29 C
Indramayu
BerandaPolitikPKS Usung Anies Baswedan di Pilgub DKI 2024

PKS Usung Anies Baswedan di Pilgub DKI 2024

Sekbernews.id – JAKARTA Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) DKI Jakarta, Khoirudin, mengumumkan bahwa PKS akan mengusung Anies Baswedan dalam pemilihan gubernur Jakarta 2024.

Keputusan ini diambil setelah rapat Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah dan telah dilaporkan kepada Dewan Pimpinan Pusat PKS.

“Saya selaku Ketua DPW PKS Jakarta telah rapat dengan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah, yang juga sudah kita laporkan ke DPP, bahwa calon gubernur dari PKS adalah Anies Rasyid Baswedan. Beliau inkumben dan sampai hari ini belum ada perubahan,” ujar Khoirudin, Kamis (23/5/2024).

PKS memilih Anies setelah melakukan penjajakan dengan mitra Koalisi Perubahan di Pilpres 2024, yakni NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Meski demikian, Khoirudin belum mengungkapkan siapa yang akan mendampingi Anies sebagai calon wakil gubernur.

PKS sebelumnya sempat ragu untuk kembali mengusung Anies dalam Pilgub Jakarta. Pada bulan lalu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan bahwa Anies kini telah menjadi tokoh nasional dan bukan lagi sekadar tokoh daerah.

PKS memiliki perolehan kursi DPRD terbanyak di Jakarta dalam pemilu 2024, dengan total 18 kursi, hampir cukup untuk mengusung calonnya sendiri.

Sebelumnya, PKS telah menyiapkan tiga nama kader internal sebagai bakal calon gubernur Jakarta, yakni Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman, anggota DPR RI Mardani Ali Sera, dan Ahmad Syaikhu. Namun, Syaikhu memilih untuk menjadi komandan tim pemenangan partai.

“Saya serahkan mekanisme yang ada, tapi saya sendiri lebih berkepentingan menjadi komandan untuk memenangi Pilkada Serentak 2024,” kata Syaikhu di Jakarta, Selasa (30/4/2024) lalu.

Di sisi lain, NasDem juga menginginkan Anies kembali maju. Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, menyatakan bahwa Anies merupakan kandidat unggulan yang diusung NasDem sebagai bakal calon gubernur DKI dalam Pilkada 2024. Tawaran itu datang langsung dari ketua umum NasDem, Surya Paloh.

“Dia (Anies Baswedan) prioritas, Mas Anies top priority,” kata Willy dalam acara halalbihalal di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024).

Dua hari lalu, Anies menyatakan sedang mempertimbangkan secara serius dorongan untuk maju kembali sebagai calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024.

“Saya terima kasih, itu sebuah kehormatan, sebuah penghargaan. Saya sedang memikirkan itu secara serius,” ujar Anies usai acara Jumpa Partai Kemerdekaan Rakyat di Jakarta Pusat, pada Senin (20/5/2024).

Ditanya mengenai partai mana saja yang akan mengusung dirinya, Anies tidak memberikan jawaban detail.

“Kita lihat nanti,” kata Anies.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

Terkini