Rabu, Juni 19, 2024
29.3 C
Indramayu
BerandaDaerahKPU Kenalkan Maskot Pilkada 2024, Si Jaka dan Si Ayu

KPU Kenalkan Maskot Pilkada 2024, Si Jaka dan Si Ayu

Sekbernews.id – INDRAMAYU Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu telah memperkenalkan maskot baru untuk Pilkada 2024, yaitu Si Jaka dan Si Ayu. Kedua maskot ini digambarkan sebagai kijang jantan dan betina.

Pemilihan Si Jaka dan Si Ayu bukan tanpa alasan. Kijang adalah simbol yang erat kaitannya dengan sejarah Kabupaten Indramayu. Hewan ini berperan penting dalam penemuan Sungai Cimanuk oleh Raden Bagus Aria Wiralodra, yang kemudian mendirikan Padukuhan Cimanuk, cikal bakal Kabupaten Indramayu.

Komisioner KPU Indramayu untuk Divisi Sosialisasi, Parmas, dan SDM, Munawaroh, menjelaskan bahwa nama Si Jaka berasal dari sosok kijang jantan yang gagah. Sementara itu, Si Ayu diambil dari nama Indramayu sendiri.

“Mereka akan menjadi maskot resmi Pilkada Indramayu,” katanya, pada Senin (27/5/2024).

Si Ayu digambarkan mengenakan mahkota bunga atau ngarot, yang merupakan budaya asli Indramayu. Penggunaan unsur lokal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kebanggaan masyarakat terhadap tradisi mereka.

Pakaian Si Jaka dan Si Ayu didesain dengan gaya modern, menggunakan kaos yang mencerminkan semangat muda, lengkap dengan logo KPU Indramayu.

“Pakaian ini menunjukkan bahwa kita sebagai penyelenggara harus selalu bergerak cepat,” tambah Munawaroh.

Kedua maskot ini juga memegang paku dan surat suara, yang melambangkan proses pemilu. Meskipun Si Jaka dan Si Ayu telah muncul di beberapa acara KPU Indramayu, mereka belum secara resmi diperkenalkan kepada publik.

Peluncuran resmi maskot ini, bersamaan dengan jingle Pilkada, akan dilakukan pada 9 Juni 2024.

Ketua KPU Indramayu, Masykur, menambahkan bahwa Si Jaka dan Si Ayu dipilih melalui sayembara yang diadakan oleh KPU Indramayu sebelumnya.

“Benar, Si Jaka dan Si Ayu adalah hasil dari sayembara tersebut. Tim penilai memutuskan bahwa mereka yang paling cocok untuk menjadi maskot Pilkada Indramayu,” ujarnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini