Kamis, Mei 30, 2024
27.3 C
Indramayu
BerandaPolitikKoalisi Indonesia Maju di Indramayu Sepakat Bentuk Koalisi Pilkada 2024

Koalisi Indonesia Maju di Indramayu Sepakat Bentuk Koalisi Pilkada 2024

Sekbernews.id – INDRAMAYU Tiga kekuatan politik utama, yakni Partai Golkar, Gerindra, dan Demokrat, telah sepakat untuk membentuk koalisi dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indramayu 2024.

Kesepakatan tersebut secara resmi dideklarasikan dalam sebuah acara yang diadakan di aula Hotel Grand Trisula Kabupaten Indramayu pada Rabu (15/5/2024).

Deklarasi ini menjadi tonggak bersejarah yang juga dihadiri oleh beberapa partai non-parlemen yang turut menghadiri undangan. Koalisi ini bukan hanya merupakan kelanjutan dari kerja sama sebelumnya dalam Pilpres 2024, namun juga melahirkan Koalisi Indramayu Maju (KIM), turunan langsung dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Meskipun telah resmi dideklarasikan, Koalisi Indramayu Maju (KIM) tetap membuka peluang bagi partai lain yang berminat untuk bergabung. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Indramayu, Syaefudin, yang menyatakan bahwa terdapat beberapa poin kesepakatan yang lahir dalam deklarasi tersebut.

Salah satu poin penting dalam kesepakatan adalah pembentukan Koalisi Indramayu Maju (KIM) yang merupakan kelanjutan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang sebelumnya mendukung pasangan Capres/Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, setiap partai yang tergabung dalam koalisi memiliki hak yang sama dalam mengusulkan kandidat Bupati dan Wakil Bupati Indramayu. Nama-nama yang diajukan oleh masing-masing partai kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) merupakan individu yang telah terdaftar di partai yang bersangkutan. Pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Indramayu yang akan diusung merupakan hasil persetujuan bersama dari DPP.

“Saat ini, semua partai yang tergabung dalam koalisi ini memiliki tanggung jawab untuk memenangkan pasangan calon yang diusung oleh Koalisi Indramayu Maju,” ungkap Syaefudin.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Indramayu, Kasan Basari, menegaskan bahwa koalisi tersebut terbuka bagi partai lain yang memiliki tujuan serupa dalam memenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu yang diusung oleh Koalisi Indramayu Maju.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Indramayu, Nico Antonio, menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan dibentuk Tim Pemenangan Pilkada.

Tim ini akan bertanggung jawab untuk merumuskan visi, misi, program pembangunan, dan hal-hal lain yang belum tercantum dalam kesepakatan, serta akan dimasukkan sebagai addendum yang tidak terpisahkan dari nota kesepakatan tersebut.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini