Sabtu, Juni 15, 2024
26.1 C
Indramayu
BerandaNasionalKementerian LHK Jalin MoU Dengan USAID, Implementasikan Rencana Operasional FOLU Net Sink...

Kementerian LHK Jalin MoU Dengan USAID, Implementasikan Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030

sekbernews.id – JAKARTA  Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), untuk mendukung FOLU Net Sink 2030 Indonesia. Kerja sama dituangkan melalui Memorandum Saling Pengertian (MoU) yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono mewakili KLHK, dan Mission Director USAID Indonesia, Jeffrey P. Cohen, di Jakarta, yang lalu.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan MoU ini, Menteri LHK Siti Nurbaya, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Kim Y. Sung, dan pejabat KLHK dan pejabat dari Kedubes AS.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa penandatanganan MoU tersebut menandai tonggak penting fase baru kerja sama antara KLHK dengan USAID, khususnya dalam mendukung visi jangka panjang Indonesia untuk mengimplementasikan Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030, yang juga sejalan dengan Strategi Iklim USAID 2022-2030, ucapnya.

BACA JUGA : Marsdya TNI Donny Hadiri ADSOM Persiapan ADMM Retreat dan ADMM Plus di Kamboja

“Kami menyampaikan apresiasi atas laju deforestasi telah mencapai titik terendah dalam 20 tahun. Amerika Serikat sangat ingin mendukung Pemerintah Indonesia untuk membantu menjamin keberlanjutan jangka panjang dari pencapaian-pencapaian hingga saat ini. Kami juga menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan upaya Pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap hutan dan sumber daya hutan, dan untuk mengurangi deforestasi,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Kim Y. Sung.

Mission Director USAID Indonesia, Jeffrey P. Cohen, menyampaikan Nota Kesepahaman yang ditandatangani hari ini menjelaskan kerja sama AS-Indonesia untuk menurunkan gas rumah kaca pada tahun 2030. Kemitraan ini mendukung visi jangka panjang Pemerintah Indonesia untuk pembangunan rendah emisi dan tangguh iklim, pungkas Jeffrey.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini