Rabu, Juni 19, 2024
29.3 C
Indramayu
BerandaKriminalHanya Pegi Tersangka yang DPO Kasus Vina, Polisi Lakukan Ralat

Hanya Pegi Tersangka yang DPO Kasus Vina, Polisi Lakukan Ralat

Sekbernews.id – BANDUNG Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Kombes Pol Surawan, mengumumkan bahwa Pegi Setiawan alias Perong telah ditetapkan sebagai tersangka terakhir dalam kasus pembunuhan Vina Dewi (16) dan Muhammad Rizky alias Eki (16), sepasang kekasih asal Cirebon, Jawa Barat.

Penetapan ini dilakukan setelah penyidikan intensif yang melibatkan keterangan dari delapan pelaku yang sudah ditangkap dan divonis.

Surawan menjelaskan bahwa selama proses penyidikan, beberapa informasi berbeda muncul dari para tersangka.

“Sejauh ini, fakta dalam penyidikan kami menunjukkan bahwa jumlah tersangka atau DPO (Daftar Pencarian Orang) adalah satu, bukan tiga. Jadi, total tersangka adalah sembilan orang, bukan sebelas,” ujar Surawan dalam konferensi pers di Mapolda Jabar, Minggu (26/5/2024).

Surawan juga menambahkan bahwa para pelaku memberikan keterangan yang bervariasi terkait jumlah tersangka.

“Ada yang menyebut jumlah pelaku sebelas, ada juga yang menyebut tiga belas orang. Setelah pendalaman, dua nama yang sebelumnya disebutkan ternyata hanya asal sebut oleh para tersangka,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pegi yang dihadirkan di hadapan media membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

“Saya tidak pernah membunuh Vina. Tuduhan ini adalah fitnah. Saya rela mati daripada harus menerima fitnah ini,” teriak Pegi sebelum dibawa ke dalam gedung di Mapolda Jabar.

Kasus ini bermula pada 27 Agustus 2016, ketika Vina Dewi dan Muhammad Rizky dibunuh di Jalan Raya Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon oleh sekelompok geng motor.

Setelah membunuh kedua korban, para pelaku merekayasa kematian mereka seolah-olah sebagai kecelakaan lalu lintas.

Dari penyelidikan awal, polisi menyatakan bahwa total pelaku dalam kasus ini berjumlah sebelas orang. Namun, dari hasil penangkapan, baru delapan orang yang ditangkap, sementara tiga lainnya masih buron.

Ketiga buronan tersebut bernama Dani, Andi, dan Pegi alias Perong. Namun, identitas asli dari ketiga buronan ini masih belum bisa dipastikan.

Polisi terus melakukan pencarian terhadap Dani dan Andi. Polda Jabar telah menelusuri berbagai tempat termasuk sekolah, rumah orang tua, dan kerabat ketiganya untuk menemukan keberadaan mereka.

Hingga kini, hanya Pegi yang berhasil ditangkap dan dihadirkan ke publik sebagai otak pembunuhan Vina Dewi dan Muhammad Rizky.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait

Terkini