Jumat, Maret 1, 2024
BerandaNasionalDi Era Digital Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Pelayanan

Di Era Digital Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Pelayanan

sekbernews.id – JAKARTA  Di era yang serba digital, kualitas data dan pemanfaatannya berperan sangat krusial, tak terkecuali di sektor pemerintahan. Basis data yang kuat bisa dijadikan landasan bagi pemerintahan untuk membuat kebijakan demi meningkatkan laju ekonomi, penataan kota, dan pembangunan berkelanjutan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Menyadari hal tersebut, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bergerak untuk memanfaatkan data pertanahan yang kualitasnya terus ditingkatkan melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra mengungkapkan bahwa begitu banyak peluang yang bisa diambil dari data pertanahan di antaranya mempermudah pelaku usaha untuk menentukan lokasi berusaha yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA : Presiden RI Tekankan Pembelian Produk Dalam Negeri

Akan tetapi, Surya Tjandra memaparkan, demi terwujudnya berbagai kemudahan tersebut, data pertanahan tak bisa berdiri sendiri. Dibutuhkan adanya integrasi dari data pendukung pembangunan yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Oleh sebab itu, ia mendorong adanya kerja sama antara Kantor Pertanahan dengan pemerintah daerah. Sebagai permulaan, Kementerian ATR/BPN menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, pungkasnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini