Kamis, Mei 30, 2024
27.3 C
Indramayu
BerandaDaerahBupati Nina Gelar Temu Kader Posyandu di Gedung Landraad

Bupati Nina Gelar Temu Kader Posyandu di Gedung Landraad

Sekbernews.id – INDRAMAYU Pemerintah Kabupaten Indramayu, di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina, terus menunjukkan komitmennya terhadap kesejahteraan dan kesehatan masyarakatnya. Hal ini dibuktikan dengan pengalokasian anggaran sebesar 59 miliar rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya pada acara Temu Kader Kesehatan se Kabupaten Indramayu, yang berlangsung di Gedung Landraad pada Rabu (15/5/2024), Bupati Indramayu, Nina Agustina, menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam melindungi dan memperhatikan kesehatan warganya.

Nina Agustina menjelaskan bahwa pada tahun 2023, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana sebesar Rp59.107.125.372,00 untuk membantu biaya kesehatan sebanyak 229.810 jiwa yang merupakan peserta bukan penerima upah.

Sementara itu, ada juga bantuan iuran kesehatan dari pemerintah pusat yang mencakup 971.347 jiwa. Pada tahun yang sama, anggaran sebesar lebih dari 24 miliar juga dialokasikan untuk pembiayaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi masyarakat yang membutuhkannya.

“Pengalokasian anggaran ini adalah bukti nyata dari kepedulian pemerintah daerah terhadap kesehatan masyarakat Indramayu yang masih memerlukan dukungan dalam hal pembiayaan kesehatan. Namun demikian, partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam mengurangi anggaran tersebut dengan menjaga kesehatan secara berkelanjutan,” tegas Nina Agustina.

Lebih lanjut, Nina menekankan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai salah satu cara efektif untuk mencegah dan mengurangi angka kesakitan. Dia menyatakan bahwa upaya ini tidak akan berhasil tanpa dukungan para kader kesehatan, yang merupakan garda terdepan dalam pembangunan kesehatan di Indramayu.

“Para kader kesehatan Indramayu berperan penting dalam mempercepat pembangunan kesehatan di wilayah ini. Mereka memiliki pemahaman yang baik tentang karakteristik masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” ungkap Nina.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Wawan Ridwan, menambahkan bahwa para kader kesehatan sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya percepatan pembangunan kesehatan.

“Kader kesehatan memiliki pemahaman yang mendalam tentang kondisi warga dan lingkungan tempat tinggal mereka, sehingga kontribusi mereka sangat berarti bagi pemerintah daerah,” ujar Wawan.

Pada acara Temu Kader Kesehatan tersebut, juga diberikan penghargaan kepada para kader kesehatan terbaik di Kabupaten Indramayu, sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam meningkatkan kesehatan masyarakat setempat.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Edyhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita-berita daerah di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Terkini