Rabu, Februari 28, 2024
BerandaDaerahBupati Indramayu Minta Penerima Bansos yang Sudah Mampu Segera Lapor

Bupati Indramayu Minta Penerima Bansos yang Sudah Mampu Segera Lapor

Sekbernews.id – INDRAMAYU Pemerintah Kabupaten Indramayu menanggapi peningkatan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam program Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) untuk tahun 2024.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, pada Senin (5/2/2024) menjelaskan bahwa peningkatan jumlah KPM tidak mencerminkan kenaikan jumlah penduduk miskin di daerah tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi penurunan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Indramayu dari 12,77 persen pada tahun 2022 menjadi 12,13 persen pada tahun 2023.

Hal ini menunjukkan penurunan jumlah penduduk miskin meskipun terjadi peningkatan jumlah KPM dari 227.432 menjadi 260.190.

Menurut Nina, peningkatan jumlah KPM disebabkan oleh ketidakcocokan data di lapangan dan keterbatasan waktu untuk melakukan verifikasi dan validasi data.

Banyak laporan yang diterima tentang adanya warga yang sebenarnya sudah mampu namun masih terdaftar sebagai penerima bansos.

Bupati Indramayu mengimbau masyarakat yang merasa sudah mampu untuk proaktif menginformasikan kepada petugas lapangan agar kuota bansos dapat dialihkan kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas distribusi bantuan sosial kepada masyarakat yang memerlukan.

Penyaluran BP-CBP diawasi langsung oleh Bupati Indramayu dan Pimpinan Cabang Perum Bulog Indramayu, Ilhamsyah, untuk memastikan proses distribusi berjalan lancar.

Program BP-CBP merupakan salah satu strategi pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan, di samping program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Indramayu terus berupaya mengurangi kantung-kantung kemiskinan melalui berbagai program seperti sanitasi berbasis masyarakat, perbaikan rumah tidak layak huni, dan perbaikan akses jalan.

Strategi ini dilengkapi dengan upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan.

Pemkab Indramayu berkomitmen untuk terus memperbaiki data KPM dan memastikan bantuan sosial tepat sasaran, sejalan dengan upaya berkelanjutan dalam mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Indramayu.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Artikel Terkait
spot_img

Terkini