Kamis, Mei 30, 2024
27.3 C
Indramayu
BerandaOtomotifBaojun Yep Plus, SUV Listrik Harga Murah dari China

Baojun Yep Plus, SUV Listrik Harga Murah dari China

Sekbernews.id – BEIJING Baojun, sub-brand dari perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling, baru-baru ini mengumumkan peluncuran SUV listrik terbarunya yang diberi nama Yep Plus di pasar otomotif China. Mengambil inspirasi dari desain Suzuki Jimny 5 pintu, Yep Plus hadir dengan sentuhan modern yang menawan.

Yep Plus ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, dimulai dari 93.800 yuan atau sekitar Rp209,6 juta untuk varian standar, dan mencapai 103.800 yuan atau sekitar Rp232 juta untuk varian tertingginya.

Fenomena harga kendaraan listrik yang sangat terjangkau di China diakibatkan oleh insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah setempat. Harga sekitar tersebut di China mampu memberikan pengalaman mobil listrik yang serupa dengan LCGC atau mobil kelas city car di Indonesia.

Meskipun demikian, Baojun Yep Plus diposisikan sebagai SUV listrik kecil yang murni dengan mengusung arsitektur Tianyu.

Dimensi Yep Plus mencakup panjang 3.996 mm, lebar 1.760 mm, tinggi 1.726 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 2560 mm. Ground clearance sebesar 150 mm, radius putar 5,35 m, dengan bobot total mencapai 1.325 kg.

Untuk performa berkendara, Yep Plus ditenagai oleh motor listrik tunggal yang dipasang di bagian depan (FWD). Diklaim oleh pabrikan, motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 kW (PS) dan torsi puncak mencapai 180 Nm.

Sumber tenaga berasal dari baterai lithium iron phosphate berkapasitas 41,9 kWh yang dipasok oleh Guoxuan High-Tech. Baojun mengklaim bahwa Yep Plus dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 150 km/jam dengan daya jangkauan sekitar 401 km dalam kondisi CLTC (China City and Highway Driving Cycle).

Yep Plus cocok untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan dan juga untuk aktivitas rekreasi. Kemampuan pengisian daya cepat (DC fast charging) maupun pengisian lambat (slow charging) disediakan. Pengisian cepat membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk mengisi baterai dari 30 persen hingga 80 persen.

Dilengkapi dengan empat mode berkendara yang berbeda, Yep Plus memberikan opsi yang beragam bagi pengemudi, termasuk mode economy+, economy, standard, dan sports.

Secara desain, Yep Plus meneruskan estetika Baojun Yep sebelumnya (versi tiga pintu), dengan keduanya mengadopsi bahasa desain Square Box+ yang mempertahankan lima pintu.

Desain eksterior Yep Plus juga mencakup elemen penting seperti suspended roof, roof rail box, pelek palang lima berukuran 16 inci, dan lampu belakang bulat bergaya retro. Bagian belakang mobil telah menghilangkan desain kotak eksternal dan menggantinya dengan logo Baojun yang ditempatkan di tengah. Pintu belakang tetap mempertahankan desain bukaan samping.

Di bagian interior, kokpit dilengkapi dengan roda kemudi palang tiga, panel instrumen LCD berukuran 8,8 inci, serta layar head unit mengambang sebesar 10,1 inci. Konsol tengah dilengkapi dengan tempat cangkir dan bantalan pengisi daya nirkabel untuk ponsel.

Yep Plus juga menawarkan 28 ruang penyimpanan di seluruh interior, dengan bagasi standar berkapasitas 385 liter. Dengan dilipatnya jok belakang, kapasitas bagasi dapat diperluas hingga mencapai 1.715 liter.

Dengan ruang kabin yang lapang, Yep Plus menawarkan kenyamanan bagi penumpang dengan ruang kepala depan mencapai 1.043 mm, ruang kepala belakang 1.061 mm, ruang kaki depan 913 mm, dan ruang kaki belakang 870 mm.

Meskipun belum ada kepastian mengenai masuknya Yep Plus ke pasar Indonesia, namun dengan keberhasilan Baojun meluncurkan model Cloud EV sebelumnya, tidak menutup kemungkinan Yep Plus akan menjadi pilihan bagi konsumen Indonesia apabila ceruk pasar kendaraan listrik semakin berkembang.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Duljanihttp://sekbernews.id
Redaktur yang menulis artikel berbagai topik di Sekbernews.id.
Artikel Terkait

Terkini