Selasa, Juli 16, 2024
28.4 C
Indramayu
BerandaPolitikArti dan Asal Satyam Eva Jayate yang Dipakai dalam Rakernas PDIP Ke-5

Arti dan Asal Satyam Eva Jayate yang Dipakai dalam Rakernas PDIP Ke-5

Sekbernews.id – JAKARTA Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024.

Acara ini dibuka oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dengan tema besar “Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang” dan subtema “Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

Tema ini bukanlah hal baru bagi PDIP. Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP yang digelar pada 10 Januari 2024 di Sekolah Kader PDIP, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tema yang sama juga diusung. Tema “Satyameva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” dimaksudkan untuk memperkuat kedekatan partai dengan rakyat.

Ungkapan “Satyameva Jayate” memiliki makna yang sakral dan historis. Falsafah ini berasal dari bahasa Sanskerta dan merupakan pernyataan para Maharsi dalam Mundaka Upanishad, kitab suci Hindu dari naskah India kuno. Ungkapan ini berarti “Hanya Kebenaran yang Jaya”.

Menurut Galungan Naramangsa (2009), falsafah “Satyameva Jayate” memberikan kiasan mendalam dalam kehidupan umat Hindu. Kini, penggunaannya meluas hingga kalangan akademisi dan ranah politik. Selain digunakan sebagai semboyan, ungkapan ini juga dipakai untuk menyampaikan sindiran.

Meski digunakan oleh PDIP, “Satyameva Jayate” sebenarnya merupakan semboyan nasional India. Falsafah ini dipakai setelah negara tersebut merdeka dan ditulis dalam aksara di pangkal lambang nasional India.

Lambang dan kata “Satyameva Jayate” dicantumkan pada salah satu sisi seluruh mata uang Rupee dan dokumen nasional India.

Berikut adalah mantra asal falsafah “Satyameva Jayate” dari kitab kuno Hindu, Mundaka Upanishad, yang kini dijadikan semboyan nasional India dan digunakan oleh PDIP sebagai tema Rakernas ke-5 dan HUT ke-51:

Satyameva jayate nnta
Satyena panth vitato devayna
Yenkramantyayo hyptakm
Yatra tat satyasya parama nidhnam

Terjemahan:

Hanya kebenaran yang berjaya; bukan kepalsuan.
Melalui jalan kebenaran Ilahi
Orang bijak yang benar-benar keinginannya terpenuhi
Yang bisa mencapai harta tertinggi dimana kebenaran berada.

Dengan mengusung tema ini, PDIP berharap dapat memperkuat persatuan dan memperjuangkan kebenaran dalam setiap langkah politiknya, sesuai dengan makna mendalam dari “Satyameva Jayate”.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Basnursyahhttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

Terkini