Rabu, Juni 19, 2024
29.1 C
Indramayu
BerandaPolitikAnies Baswedan Punya Peluang Diusung PDIP di Pilkada Jakarta

Anies Baswedan Punya Peluang Diusung PDIP di Pilkada Jakarta

Sekbernews.id – JAKARTA Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka kemungkinan untuk mengusung mantan calon presiden 2024, Anies Baswedan, sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, menyampaikan hal ini berkaitan dengan potensi kerja sama politik antara PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kami mungkin akan melakukan kerja sama politik dalam Pilkada Jakarta jika PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta,” ujar Basarah saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta, pada Sabtu (8/6/2024).

Basarah menambahkan bahwa jika kerja sama politik dengan PKB terwujud dalam Pilkada Jakarta, sangat mungkin akan ada pembicaraan mengenai calon yang diusung PKB, yaitu Anies Baswedan. Meski PDIP memiliki kapasitas untuk mengusung pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah sendiri, ia menyebut bahwa menggandeng partai lain untuk kerja sama politik akan lebih menguntungkan.

“Saat ini, PDI-Perjuangan membutuhkan kerja sama politik dengan partai-partai lain. Tentu dalam mengusung kepala dan wakil kepala daerah, kerja sama partai politik sangat diperlukan,” jelasnya.

Jika kerja sama politik antara kedua partai terjalin, kemungkinan besar calon wakil gubernur yang mendampingi Anies akan berasal dari PDIP. Ada banyak usulan, salah satunya adalah mantan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, yang baru saja resmi menjadi kader PDIP.

“Hal ini juga akan dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI-Perjuangan,” tambah Basarah.

Namun, Basarah menekankan bahwa belum ada keputusan final. Masih banyak tahap komunikasi yang harus dilakukan antara partai-partai yang bekerja sama.

“Tapi sekali lagi, tahapan pembicaraan dan pembahasan mengenai Pilkada DKI Jakarta, dan saya kira juga Pilkada di tempat lain, masih dalam proses pengerucutan. Belum sampai pada kesimpulan apalagi keputusan,” pungkasnya.

Ikuti Sekbernews.id di Google News.

Saputrahttps://sekbernews.id
Jurnalis Sekbernews.id yang menulis tentang berita nasional, pemerintahan, serta politik.
Artikel Terkait

Terkini